Sabtu, 11 Juni 2011

Tips Liburan Aman dan Menyenangkan

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA- Liburan sekolah sebentar lagi akan tiba. Setiap keluarga biasanya telah memiliki rencana menghabiskan waktu liburan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata.


Berikut ini beberapa tips agar liburan keluarga  dapat dijalani sesuai dengan keinginan dan harapan kita yang dikutip dari Humas Polda Metro Jaya:

1. Rencanakan liburan jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan tiba terkait dengan waktu, biaya, tujuan wisata dan kesehatan tentunya.

2. Pastikan dan tentukan anggaran yang disediakan tanpa menganggu keuangan keluarga karena liburan tidak identik dengan biaya mahal tetapi bagaimana kita bisa menyikapi dengan bijak dan menyesuaikannya, mulailah untuk menyisihkan.

3. Diskusikan atas semua keinginan anggota keluarga agar tujuan wisata yang telah diputuskan bersama adalah harapan seluruh keluarga sehingga wisata menjadi menyenangkan dan indah.

4. Lakukan searching bisa melalui internet, agent travel ataupun bertanya pada rekan kerja yang telah berwisata lebih dulu, sebagai bahan referensi dalam memutuskan saat liburan yang meliputi : moda transportasi yang akan dipilih – bila memutuskan membawa mobil sendiri pastikan kondisi mobil RFU (ready for use) dan telah dicek secara keseluruhan oleh mekanik, penginapan, wisata kuliner, lokasi wisata yang akan dikunjungi terkait dengan jarak lokasi dan tingkat risiko  yang mungkin dilalui dalam perjalanan, guiden yang handal dan dapat dipercaya bila diperlukan.

5. Pastikan yang anda bawa tidak menjadi beban dalam perjalanan anda sekeluarga sehingga kekhawatiran, ketakutan yang berlebihan tidak perlu terjadi. Bila wisata anda lebih dari 2 hari dan menginap, maka bawalah :

- Pakaian secukupnya dan nyaman, menyerap keringat dan ringan serasi dipadu padankan

- Makanan kecil yang menyehatkan dan buah secukupnya utk teman perjalanan selebihnya dapat dibeli saat perjalanan ke lokasi wisata.

- Obat-obatan utk emergency (obat parasetamol, panas, diare, pusing, mual, betadine) dan obat yang dibiasa dipakai saat anggota keluarga kita sakit.

- Jangan berlebihan dalam penampilan terutama dalam memakai perhiasan bagi ibu-ibu karena dapat membahayakan diri anda sendiri dan keluarga.


6. Abadikan moment-moment indah dalam setiap aktivitas yang dilakukan seluruh keluarga sebagai kenangan tak terlupakan.

Semoga tips tersebut  dapat bermanfaat bagi anda dan keluarga.

Editor : yoni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar